Sebelum Daftar, Ketahui Dulu Perbedaan 3 Kelas di BPJS Kesehatan Ini

Apakah Kawan Puan sudah menggunakan BPJS Kesehatan? Atau kamu baru akan mendaftar diri kamu? Jika kamu akan mendaftar, kamu perlu ketahui bahwa di layanan BPJS Kesehatan terdapattiga kelas yang membedakannya yakni Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Saat mendaftarkan diri, kamu harus memilih salah satunya dan pilihanmu tersebut akan memengaruhi biaya yang perlu kamu keluarkan.

Nah, perbedaan masing masing 3 kelas di BPJS Keseharan diatur dalam Peraturan BPJS Kesehatan No.1 Tahun 2014tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan. Selain itu,perbedaan fasilitas pada BPJS Kesehatan ini juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentangPerubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Melansir , manfaat BPJS Kesehatan ialah peserta bisa mendapatkan layanan yang sama untuk dokter, pemeriksaan, pengobatan, konsultasi dokter spesialis, obat, pemeriksaan lab, dan sebagainya.

Sehingga, bisa dibilang hal yang membedakan di antara ketiga kelas BPJS Kesehatan ini sebenarnya adalah fasilitas ruang rawat inap. Seperti apa perbedaannya? Kelas I ini merupakan pilihan pelayan kesehatan paling tinggi di BPJS Kesehatan.

Tertera dalam Perpres Nomon 64 Tahun 2020 yang mengatur tarif iuran BPJS Kesehatan terbaru di Pasal 34. Dalam peraturan tersebut disebutkan tarif BPJS Kesehatan 2020 bagi peserta kelas Isebesar Rp 150.000 per bulan. Peserta kelas I akan mendapat ruang perawatan dengan kapasitas yang lebih sedikit yakni 2 4 pasien.

Selain itu peserta kelas I juga bisa naik ke kamar kelas VIP dengan membayar biaya tambahan di luar tanggungan BPJS Kesehatan. Untuk fasilitas rawat inap kelas II, Kawan Puan akan dikenakan biaya Rp 100.000 per bulan. Jika kelas I peserta mendapatkan kamar dengan 2 4 pasien, maka untuk kelas II akan lebih banyak tempat tidur.

Idealnya, di fasilitas kelas II, ada 3 5 orang dalam satu ruangan. Sama seperti kelas I, peserta juga bisa naik kelas ke kamar VIP maupun upgrade ke kelas I dengan membayar biaya tambahan di luar tanggungan BPJS. Kelas III ini merupakan kelas terendah dengan iuran yang paling murah jika dibandingkan dua kelas di atasnya.

Fasilitas yang ditawarkan berapa ruang inap berkapasitas 4 6 orang sesuai dengan kapasitas masing masing rumah sakit. Untuk iuran fasilitas kelas III BPJS Kesehatan ini, peserta akan dikenakan Rp 42.000 per bulan. Atau bisa dibilang, fasilitas rawat inap di kelas III setidaknya memenuhi standar paling minimum dalam pelayanan rawat inap di rumah sakit.

Nah, Kawan Puan sebelum mendaftar BPJS Kesehatan pastikan kamu mempelajari terlebih dahulu fasilitas kelas mana yang akan diambil ya. (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.