Reaksi Jose Mourinho Sikapi Kemenangan AS Roma, Obat Mujarab Kekecewaan Derby della Capitale

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mengeluarkan unek uneknya menyikapi kemenangan brilian timnya dalam ajang Uefa Conference League, Jumat (1/10/2021) dinihari WIB. Berlangsung di Slavutych Arena, AS Roma mampu mengalahkan Zorya dengan skor tiga gol tanpa balas. Tiga gol kemenangan AS Roma masing masing satu gol dihasilkan oleh Stephen Al Shaarawy (7'), Chris Smalling (66'), dan Tammy Abraham (68').

Kemenangan tiga gol tanpa balas tersebut membuat AS Roma semakin kokoh berada pada puncak klasemen Grup C. Raihan dua kemenangan beruntun membuat armada Mourinho mengemas poin sempurna yakni enam angka. Mourinho pun menyanjung performa brilian timnya di tengah rotasi yang ia terapkan melawan Zorya.

Eks pelatih Chelsea itu memandang kemenangan tersebut terasa penting mengingat sebelumnya AS Roma tumbang lawan Lazio dalam laga derby. "Saya menyukai hasilnya, itulah yang terpenting," ujar Mourinho yang masih terlihat marah menyikapi kekalahan Derby Della Capitale, dilansir Football Italia. "Beberapa hari yang lalu, kami mendominasi melawan tim yang tampak kecil namun kalah, malam ini kami menang dan itu yang terpenting,".

"Kami membutuhkan lima atau enam poin lagi untuk mengamankan babak kualifikasi,". "Banyak pemain yang harus istirahat, kami beruntung tidak mendapatkan masalah cedera baru, jadi itu semua terasa positif," tukasnya. Seperti yang diketahui sebelum mengalahkan Zorya, AS Roma harus tumbang dengan skor tipis dalam laga derby sengit melawan Lazio.

Dalam laga bertajuk derby Della Capitale, AS Roma dipaksa mengakui keunggulan Lazio dengan skor 3 2. Kekalahan dalam laga derby tentu membuat AS Roma mempertaruhkan harga diri mereka sebagai penguasa Stadion Olimpico. Alhasil kemenangan melawan Zorya terasa penting untuk bisa membangkitkan kembali semangat bermain AS Roma dalam laga berikutnya.

AS Roma dijadwalkan akan menghadapi Empoli yang pernah mengalahkan Juventus musim ini di Liga Italia, tepatnya gameweek kedua. Mourinho berharap timnya bisa mengalahkan Empoli agar kembali ke jalur kemenangan musim ini di liga domestik. "Selalu penting untuk bisa kembali ke jalur kemenangan setelah mengalami kekalahan," tegas Mourinho.

"Empoli memiliki sembilan poin, mereka adalah tim sulit untuk dihadapi dan para pemain sepertinya akan kembali terlambat,". "Mereka akan berkorban dengan cara menginap di tempat latihan semalaman dan berlatih pada pagi hari, lalu mereka bisa pulang sebentar," tukasnya. Laga berikutnya yang akan dilakoni saat AS Roma menjamu Empoli akan berlangsung di Stadion Olimpico, Minggu (3/10/2021) pukul 23.00 WIB.

Kedua tim sama sama menerapkan tempo yang tidak terlalu cepat di awal awal babak pertama. Zorya dan AS Roma terlebih dahulu menjajaki skema yang diterapkan lawan masing masing. Tak perlu waktu lama bagi Giallorossi untuk unggul.

Pada menit ke 6, pasukan Jose Mourinho sukses membelah lini pertahanan Zorya yang bermain dengan skema tiga bek. Ebrima Darboe secara cermat mengamati posisi El Shaarawy yang tak dibayangi dengan ketat. Ia lanta melepas umpan terobosan yang dengan mudah dikejar El Shaarawy.

Eks pemain AC Milan itu mengecoh penjaga gawang Zorya sebelum melepas sepakan ke arah gawang yang sudah kosong melompong. Skor menjadi 0 1 untuk keunggulan AS Roma. Zorya langsung meningkatkan intensitas permainan setelah tertinggal.

Beberapa kali mereka mencoba membangun serangan berbahaya dari sisi kiri penyerangan. Akan tetapi kualitas serangan yang dibangun tak membahayakan gawang Rui Patricio sama sekali. Pada menit ke 13, Zorya melepas tendangan on target pertama mereka di pertandingan ini.

Artem Gromov yang berada di luar kotak penalti memutuskan untuk menguji konsentrasi kiper I Lupi, Rui Patricio. Tendangan yang ia lepaskan mengarah tepat ke pelukan eks kiper Wolverhampton itu. Menit ke 21, giliran El Shaarawy yang melepas tendangan akurat dari luar kotak penalti.

Ia mendapat sodoran bola dari skema serangan balik yang dibangun punggawa Roma lainnya. Tendangan melengkung yan ia lepaskan masih bisa ditepis oleh kiper Zorya. Kiper Xorya, Matsapura membuat dua penyelamatan penting dalam kurun kurang dari lima menit.

Ia berhasil menepis tendangan yang dilepaskan Shomurodov dan Lorenzo Pellegrini yang berpeluang menjadi gol. Pada menit ke 43, El Shaarawy lagi lagi melakukan perobaan tendangan dari luar kotak penalti. Di babak kedua, AS Roma kembali menambah gol.

Chris Smalling menjadi pemain kedua yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia berhasil menanduk bola dari skema sepak pojok di menit ke 65. Satu gol lagi dibuat oleh Tammy Abraham hanya berselang dua menit dari gol Smalling.

Abraham memanfaatkan kemelut yang ada di kotak penalti Zorya sebelum menjebol jala Matsapura. Kemenangan tiga gol tanpa balas akhirnya berhasil dipertahankan AS Roma asuhan Jose Mourinho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.