Mabes TNI AL Berencana Rekrut 500 Personel Komponen Cadangan Tahun 2022

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan rencananya TNI Angkatan Laut (AL) akan merekrut 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun ini. Namun demikian, ia belum bisa memastikan pada bulan apa rekrutmen tersebut akan dibuka meningat belum ada arahan dari Kementerian Pertahanan terkait waktu tersebut. "Ini tahun 2022. Kan kita dapat jatah 500 (personel) nanti. Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022 ini," kata Yudo usai Rapat Kerja dengan Komisi I di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Kamis (27/1/2022).

Yudo menjelaskan, rencananya lokasi pendaftaran komcad akan digelar di Lantamal Lantamal sebagaimana rekrutmen personel TNI AL. Untuk pendidikan pesonel komcad, kata dia, rencananya akan dilakukan di Kodiklatal dan di Kodikmar. Yudo lebih lanjut menjelaskan, meski Komcad TNI AL akan juga mendapat pelatihan di kapal perang, namun nantinya mereka akan mengawaki kapal kapal sipil yang dapat mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

"Latihannya kan di kapal perang, nantinya dia akan mengawaki kapal sipil sebagai komponen cadangan. Komponen cadangan Angkatan Laut ini kalau alutsista kan kapal kapal tanker, kapal angkut yang nantinya mendukung tugas pokok Angkatan Laut dalam operasi gabungan," kata Yudo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.